InvestorJatim.com
Bank Headline Indeks Pasar Modal

Bank Jatim Mencatat Aset Rp 105,65 Triliun di Triwulan Satu

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Direktur Komersial & Korporasi Bank Jatim Edi Masrianto dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah Bank Jatim R Arief Wicaksono usai menggelar analyst meeting kinerja keuangan triwulan I 2022 di Hotel Raffles  Jakarta. Foto:Istimewa

JAKARTA, investorjatim–Mengawali tahun 2022, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif di triwulan I bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bank Jatim

mampu mempertahankan asetnya di atas seratus triliun di triwulan I 2022 dengan mencatatkan aset sebesar Rp 105,65 triliun atau tumbuh 17,85%.

Hal itu terungkap transparansi dan keterbukaan informasi yang digelar oleh Bank saat melaksanakan analyst meeting guna memaparkan kinerja keuangan triwulan I 2022. Bertempat di Hotel Raffles  Jakarta, analyst meeting dipaparkan langsung oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman bersama dengan Direktur Komersial & Korporasi Bank Jatim Edi Masrianto dan Direktur Konsumer Ritel & Usaha Syariah Bank Jatim R Arief Wicaksono.

Pada kesempatan tersebut Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman memaparkan kinerja keuangan bankjatim di triwulan I 2022 yang menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja Bank Jatim berada diatas pertumbuhan rata rata.

“Bank Jatim tetap mempertahankan asetnya diatas seratus triliun di triwulan I 2022 dengan mencatatkan aset sebesar Rp 105,65 triliun dan tumbuh 17,85%, sedangkan laba bersih Bank Jatim tercatat Rp 454 miliar atau tumbuh 1,22% (YoY).  Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim yang mencatatkan pertumbuhan  20,07% (YoY) yaitu sebesar Rp 91,36 triliun. Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada Bank Jatim meningkat,” papar Busrul.

Dari sisi pembiayaan, kata Busrul, Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 1,38% (YoY) atau sebesar Rp 42,31 triliun. Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 8,44% (YoY) atau tercatat Rp 7,58 triliun.

“Komposisi rasio keuangan bankjatim periode Maret 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 22,07 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,08 %, dan Return On Asset (ROA) 2,31 %.,” ujarnya.

Menurut Busrul, di tahun 2022 Bank Jatim terus berusaha mengembangkan layanan digital banking untuk mempermudah nasabah dan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan. Peningkatan layanan digital banking menjadi concern Bank Jatim seiring dengan peningkatan transaksi maupun jumlah user JConnect Mobile dan JConnect Internet Banking. Tingkat keamanan transaksi perbankan juga tak luput jadi salah satu fokus bankjatim agar nasabah tetap merasa aman dan nyaman.

“Sebagai bentuk keseriusan dalam mengatasi keamanan atau security digital banking, pada triwulan satu Bank Jatim melakukan kerjasama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam rangka memperkuat security data nasabah Bank Jatim khususnya pada aplikasi JConnect Mobile,” terang Busrul.

Selain kinerja TW I 2022 yang positif serta fokus Bank Jatim dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan nasabah, selama triwulan I 2022, Bank Jatim juga telah memborong penghargaan demi peghargaan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Total sebanyak 11 titel penghargaan yang sukses dibawa pulang oleh Bank Jatim.

Lalu, di bidang kehumasan, Bank Jatim berhasil meraih penghargaan di tiga ajang penghargaan yang berbeda yaitu dalam ajang IPRA, PR Indonesia Award serta Beritajatim Award. Dalam ajang tersebut, Bank Jatim masing-masing mendapatkan penghargaan kategori Impact for The Better Future, Media Cetak terpopuler & aplikasi perbankan terbaik kategori BUMD,  Media Sosial terbaik BUMD serta Website terbaik BUMD.

Selanjutnya pada bidang inovasi dan layanan, Bank Jatim berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Best BUMD Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi, kali ini inovasi dan layanan bankjatim diapresiasi dalam bentuk penghargaan Indonesia Best BUMD Awards 2022 On Developing Comprehensive Banking Service Kategori BPD.

Tak kalah prestisius, Bank Jatim juga meraih penghargaan di bidang digital dalam ajang Digital Innovation Award 2022 yang diselenggarakan oleh MNC Network. Pada ajang kali ini Bank Jatim meraih penghargaan kategori Digital Innovation For Suistainable business aplikasi JConnect Mobile.

Seakan tak ingin kalah dengan konvensional, Bank Jatim Unit Usaha Syariah (UUS) juga meraih penghargaan dengan menyabet kategori Best Sharia Unit Bank dalam ajang Indonesia Syariah Awards 2022, penghargaan ini seakan menegaskan bahwa pertumbuhan UUS Bank Jatim terus meningkat selama 2 tahun terakhir.

Adapun di bidang Human Resources (HR) Bank Jatim berhasil meraih penghargaan dengan kategori The Best HR Management For The Outstanding Exceptional and Comprehensive Development Program to Elevate The Quality of HR yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Last but not least, Bank Jatim berhasil meraih penghargan dalam 2 kategori yaitu, TOP CSR Award 2022 #Stars 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 atas nama Busrul Iman selaku Direktur Utama.(RD)

 

 

Related posts

BP dan AKR Operasikan SPBU di Gubeng Surabaya

Rishard Daristama

Sepanjang 2018, Semen Indonesia Catat Laba Bersih Rp3,086 Triliun

Rishard Daristama

Amar Bank Sukses Wujudkan Lingkungan Kerja Penuh Inspirasi

Rishard Daristama