InvestorJatim.com
Bank Headline Indeks Keuangan

Bank Jatim Jadi Penghimpun Dana Terbesar di Tabungan Simpeda

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman saat penarikan undian nasional Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) oleh Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) pada Kamis (31/08/2023) di Hotel Clarro Makassar. Foto:ist

MAKASSAR, investorjatim-Perhelatan penarikan undian nasional Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) yang digelar oleh Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) pada Kamis (31/08/2023) malam berlangsung meriah. Pemenangnya pun juga beragam dari seluruh kawasan nusantara. Bertempat di Hotel Clarro Makassar, pagelaran akbar tersebut dihadiri oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman bersama dengan direksi BPD seluruh Indonesia.

Ketua Asbanda Yuddy Renaldi menjelaskan, sampai saat ini tabungan Simpeda merupakan salah satu produk yang mempersatukan BPD seluruh Indonesia di samping produk-produk dan layanan perbankan lainnya.

”Perkembangan Simpeda terus mengalami peningkatan. Meskipun saat ini peningkatannya relatif lebih kecil, namun tetap tumbuh baik,” tegasnya.

Hal tersebut tercermin dari jumlah dana yang terhimpun melalui tabungan Simpeda BPD seluruh Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan. Yuddy memaparkan, pada penarikan undian Simpeda periode pertama tahun ke 34 tahun 2023 di Makasaar kali ini, jumlah penabung sampai dengan akhir juni 2023 berjumlah 7.920.149. Kemudian jumlah saldo Simpeda yang telah terhimpun mencapai Rp 65,8 triliun.

”Apabila dilihat dari penarikan undian simpeda di Kendari tahun 2022 lalu sampai dengan di Makassar ini, dari sisi penabung terjadi peningkatan sedikit sebesar 1,97% atau naik sebanyak 153.327. Sedangkan jumlah saldonya meningkat 3,78% atau naik sebesar Rp 2,39 triliun,” urainya.

Yuddy juga menyampaikan bahwa dari semua angka tersebut, BPD paling banyak menghimpun tabungan Simpeda sejak lebih dari 10 tahun terakhir adalah bankjatim. Sampai dengan posisi Juni 2023, bankjatim telah menghimpun Simpeda sebanyak kurang lebih Rp 15,31 triliun atau sebesar 23,27% dari tabungan Simpeda nasional.

”Ke depan kita akan terus tingkatkan Tabungan Simpeda sehingga Simpeda dapat terus menjadi pilihan masyarakat. Perlu diketahui, program undian ini adalah salah satu bagian dari transformasi BPD dalam rangka penguatan produk dan layanan BPD agar semakin bersaing dengan produk bank lain,” ungkapnya.

Sebagai informasi, untuk pelaksanaan Undian Nasional Tabungan Simpeda berikutnya akan dilangsungkan di Kota Medan oleh Bank Sumut.

Sementara itu, untuk nasabah bankjatim yang sukses mendapatkan hadiah undian di Makassar ada dua orang. Masing-masing memperoleh Rp 100.000.000. Busrul mengatakan, kegiatan undian ini merupakan salah satu benefit bagi nasabah yang memiliki tabungan Simpeda.

“Selain benefit undian, nasabah tabungan Simpeda Bank Jatim juga banyak mendapat keuntungan lain. Salah satunya, digitalisasi layanan keuangan melalui JConnect Mobile,” tuturnya.

Lewat JConnect Mobile, nasabah tabungan Simpeda Bank Jatim dapat menikmati berbagai fitur yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari.

”Contohnya dalam hal pembayaran PBB. Sehingga tidak hanya memudahkan nasabah, namun juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,” tutupnya.(ROS)

Related posts

Momen Iduladha, SIG Salurkan 489 Hewan Kurban di 20 Provinsi

Rishard Daristama

Gunakan DDF PGN LNG Indonesia, Kereta Api KAI Hemat Energi 37%

Rishard Daristama

Bank Jatim-Kemendes PDTT Lakukan Kerja Sama dalam Asean SOMRDPE Indonesia 2023

Rishard Daristama