InvestorJatim.com
Headline Indeks Pelabuhan

Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis Hingga 30 Ribu Tiket

Para pemudik Lebaran yang ikut dalam Program Mudik Gratis Pelindo III 2018.

SURABAYA-Operator Pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) akhirnya menambah kuota mudik gratis hingga 30.000 tiket dari semula yang direncanakan 17.500 tiket untuk para pemudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 karena tingginya animo calon pemudik yang memanfaatkan Program Mudik Bareng 2019 yang digagas Kementerian BUMN itu.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengutarakan semula Pelindo III hanya menyiapkan sebanyak 17.500 tiket kapal laut dan bus gratis dalam Program Mudik Bareng 2019. Namun, mengingkat tingginya animo calon pemudik lebaran tahun ini yang sudah mendaftarkan diri, maka Pelindo III pun menambah kuota tiket bus gratis secara bertahap sesuai penambahan kebutuhan yang terdata di lapangan. “Perkiraan kami jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, di Surabaya, Rabu (8/5).

Doso menjelaskan, kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III tercatat terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2017 lalu, tercatat ada sekitar 6.000 pemudik yang diberangkatkan, lalu jumlah itu meningkat di tahun 2018 menjadi 14.000 pemudik. “Pada 2019 ini jumlah itu meningkat lagi dan Pelindo III menyediakan 30.000 tiket kapal laut dan bus gratis,” ujarnya.

Doso menyebutkan untuk menambah tiket bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelindo III berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan serta bekerjasama dengan PT Damri dan operator bus swasta lainnya. Kerja sama itu untuk melayani 30.000 tiket gratis yang akan disediakan, terdiri dari 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 28.000 tiket bus untuk diantar dengan bus milik Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Dengan demikian, ada tiket gratis untuk 5 rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai-Tanjung Perak, Kumai- Tanjung Emas, Sampit- Tanjung Perak, Sampit-Tanjung Emas, dan Batulicin- Tanjung Perak. Semuanya akan dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon.

“Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri),” terang Doso.

Ia melanjutkan, begitu para pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, mereka bisa langsung melanjutkan naik bus gratis yang telah disediakan total tiket bus gratis sebanyak 28.000 dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas. Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersedia untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran.

Doso menyatakan calon pemudik dapat segera mendaftarkan diri sebagai peserta program Bareng Mudik 2019 Pelindo III secara online dengan mengunjungi website: mudik.pelindo.co.id atau melalui aplikasi “Mudi Pelindo III’ yang bisa diunduh lewat Google Play. Setelah terdaftar secara online, calon pemudik dapat mengambil tiket kapal di terminal penumpang pelabuhan keberangkatan dengan menunjukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK) sebagai bukti. Jadwal keberangkatan kapal sesuai dengan jadwal kapal yang tercantum di tiket Pelni.

Begitu pula untuk calon pemudik dengan moda bus, setelah terdaftar secara online dapat mengambil tiket bus gratis di pelabuhan kedatangan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menujukkan kartu identitas resmi (KTP atau copy KK), serta Tiket Pelni untuk pemudik gratis moda kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan bus gratis.

Doso menegaskan Pelindo III, Pelni, dan Damri, juga telah bekerja sama dengan pihak keamanan untuk memastikan seluruh proses Program Mudik Bareng BUMN ini gratis untuk masyarakat, tanpa biaya apapun. Bila ada oknum yang meminta bayaran akan diproses ke pihak yang berwajib. Masyarakat dan calon pemudik yang membutuhkan informasi dapat menghubungi call center: 082228448880 atau menemui petugas yang bersiaga di pelabuhan keberangkatan dan kedatangan.

“Mudik Gratis Bareng BUMN-Pelindo III ini adalah wujud nyata dari BUMN Hadir Untuk Negeri, memberikan mudik yang aman dan nyaman pada masyarakat, terutama penumpang kapal laut, pada setiap musim mudik Lebaran. Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III akan diasuransikan sebagai fasilitas proteksi yang menyeluruh. Pelindo III mendukung pemerintah yang menempatkan keselamatan pemudik sebagai prioritas,” tandas Doso.

Dia menambahkan Pelindo III juga turut memberikan fasilitas bus gratis untuk para pemudik yang mengikuti program mudik sepeda motor gratis moda laut program Kementerian Perhubungan dari Pelabuhan Tanjung Emas khusus untuk ibu dan anak yang membonceng motor dengan mempertimbangkan faktor keselamatan agar bisa sampai selamat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. “Kita siapkan makan sahur dan takjil buka puasa untuk para penumpang kapal laut yang datang pada saat itu di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak,” tambah Doso.(RD)

 

 

Related posts

Tinjau Lokasi Rawan Banjir, BHS Akan Dorong Normalisasi Kali

redaksi1

BSN Tetapkan 56 Peraih Penghargaan SNI Awards 2018

redaksi1

GOJEK Edukasi P3K ke Komunitas Mitra Driver di Surabaya

redaksi1