InvestorJatim.com
Headline Indeks Industri

Sukses Daur Ulang Sampah Kemasan, Mekabox International Terima Penghargaan dari KLHK

Mekabox International bersama sejumlah industri yang bisa mengelola dan mendaur ulang sampah kemasan, menerima penghargaan dari Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat Festival Lingkungan Iklim-Kehutanan-Energi Baru Terbarukan (LIKE) di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Sabtu (16/09/2023). Foto:ist

SURABAYA, investorjatim – Perusahaan kemasan PT Mekabox International asal Jawa Timur menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) karena mampu mengelola sampah kemasan sebagai bahan baku industri daur ulang.

Penghargaan itu disampaikan dalam acara Festival Lingkungan Iklim-Kehutanan-Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang digelar di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno pada Sabtu (16/09/2023). Acara itu dihelat oleh Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3.

LIKE digelar dalam rangka pelaksanaan Road to COP 28 UNFCCC Dubai 2023. Sejumlah perusahaan diundang dalam acara itu. Mereka diajak bekerja sama sekaligus melakukan penandatanganan kemitraan pengumpulan dan daur ulang sampah kemasan sebagai bahan baku industri daur ulang.

Ketua Panitia Festival LIKE Agus Justianto mengatakan acara tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah atas kerja masyarakat untuk mewujudkan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan yang semakin baik.

“Fesitval ini menjadi momentum kolaboratif dan partisipatif antara pemerintah, masyarakat, akademisi, grassroot, kelompok aktivis pendamping, LSM, dan dunia usaha untuk meningkatkan kerja demi kemajuan ekonomi Indonesia dan menunjukkan posisi unggul Indonesia dalam agenda mitigasi perubahan iklim serta global,” ujar Agus.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan kemitraan pengumpulan dan daur ulang sampah kemasan sebagai bahan baku industri daur ulang plastik dan kertas. Mereka akan berkerja sama untuk menciptakan ekosistem industri daur ulang Indonesia yang lebih berkembang. Perusahaan yang diundang itu selama ini sudah melakukan tindakan daur ulang sampah kemasan. Mereka dianggap sukses mengelola daur ulang sampah kemasan untuk dipakai sebagai bahan baku di industri daur ulang. Salah satunya adalah PT Mekabox International yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur.

Mekabox International selama ini dinilai sukses mengelola dan mendaur ulang sampah kemasan. Yakni mendaur ulang sampah kertas menjadi kertas karton. Perusahaan ini telah menggandeng sejumlah industri daur ulang dalam kegiatan itu.

Direktur PT Mekabox International Danny Kristono mengatakan perusahaannya selama ini sangat berkomitmen terhadap pengelolaan limbah maupun sampah kemasan.

“Selama ini kami taat dan konsisten melaksanaan aturan yang ada terkait pengelolaan limbah dan sampah,” kata Danny.

Danny melanjutkan, pihaknya kini menambah jangkauan dengan mendaur ulang sampah kertas untuk liquid packaging yang biasanya untuk kemasan susu dan minuman.

“Selama ini sampah liquid packaging tidak bisa diolah. Kami kerja sama dengan Tetra Pak untuk menyediakan mesinnya, lalu diolah di tempat kami. Hasilnya untuk kertas kami daur ulang dan dibuat kertas lagi. Lalu sisanya berupa plastik akan disuplai ke Re-Pal untuk dijadikan palet lagi dan nanti digunakan,” ujar Danny.

Melalui kerja sama ini, Danny berharap akan semakin banyak perusahaan yang serius untuk mendaur ulang sampahnya. Efek jangka panjangnya bisa membentuk circle ekonomi mulai dari pengepul hingga mendapatkan nilai produk lebih tinggi dari daur ulang.

“Kami berharap industri daur ulang bisa semakin berkembang. Indonesia bisa memanfaatkan semua barang dari proses daur ulang supaya tidak membebani energi terlalu banyak dari alam. Apa yang sudah ada ini kita gunakan dengan bijak,” imbuhnya(ROS)

 

Related posts

Katanya Surplus, Mengapa Harus Impor ?

Rishard Daristama

Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Perlu Dipercepat

Rishard Daristama

Telkomsel Hadirkan Paket OMG!

Rishard Daristama