InvestorJatim.com
Energi Headline Indeks Migas

Shell Kembali Garap Bisnis Ritel Pengisian BBM di Jatim

Direktur Retail Shell Indonesia Wahyu Indrawanto dan Komite BPH MIgas, Muhammad Ibnu saat meresmikan 4 SPBU di Jatim di Jalan Yonosoewoyo Surabaya, Kamis (17/1)

SURABAYA-Shell Indonesia kembali menggarap bisnis ritel pengisian BBM di Jawa Timur setelah resmi membuka 4 SPBU,  yakni di Jalan Yonosoewoyo dan Jalan Raya Prapen di Surabaya serta di Jalan Raya Waru dan Jalan Diponegoro di Sidoarjo.

Acara peresmian keempat SPBU Shell itu dipusatkan di SPBU Shell di Yonosoewoyo Surabaya, Kamis (17/1) oleh Direktur Retail Shell Indonesia Wahyu Indrawanto bersama Komite BPH Migas Muhammad Ibnu Fajar dan Kepala Bidang PLL Bapenda Provinsi Jawa Timur Ismawan Taramurti.

Dengan diresmikannya 4 SPBU Shell tersebut, jumlah SPBU Shell di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 94 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Sumatera Utara, serta Jawa Timur.

Sebelumnya, Shell telah membuka SPBU di SPBU di Surabaya pada 2005 lalu. Namun, sejak 2015 lalu pengoperasian SPBU tersebut dihentikan.

Wahyu Indrawanto, Direktur Retail Shell Indonesia mengatakan pengoperisan SPBU di Jawa Timur kali ini berbeda dengan sebelumnya, penuh inovatif, tak sekedar sebagai tempat pengisian BBM, melainkan juga sebagai tempat beristirahat sejenak sambil menyeruput kopi di kedai kopi di toko yang terintegras dengan SPBU. Tersedia juga disitu toilet dan mushola. “Kami berinovasi menghadirkan suasana yang berbeda dari sebelumnya, merespon kebutuhan pelanggan kami,” katanya.

Indra menyebut selain di Surabaya dan Sidoarjo, Shell Indonesia akan terus mengembangkan SPBU di daerah lain di Jatim seperti Malang, Tuban dan lainnya dengan model SPBU yang sama. Pengembangan ini sangat dimungkinkan karena Shell ini telah memiliki terminal BBM di Kawasan Industri Maspion di Manyar, Gresik. “Shell merencanakan untuk terus mengembangkan jaringan SPBUnya di Jawa Timur sehingga memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat menikmati produk dan layanan kami,” paparnya.

Dalam pengembangan SPBU di Indonsia, termasuk di Jatim,  Shell membuka peluang kerjasama bagi masyarakat luas dengan menjadi penyalur BBM Shell melalui skema kemitraan. “Kami mengajak para pengusaha baik individual atau korporasi untuk menjadi mitra Shell dalam mengembangkan bisnis ritel SPBU. Kami optimis bisnis ini dapat tumbuh lebih pesat, sebagaimana terlihat dari perkembangan jaringan yang terus kami upayakan bertumbuh cepat. Pada bulan Desember 2018 saja, Shell telah membuka enam SPBU baru yakni empat di Jawa Timur dan dua lainnya di Jabodetabek dan Jawa Barat. Melalui kemitraan kami berharap pertumbuhan SPBU di Indonesia dapat lebih cepat.” kata Indra.

Menurut Indra, kedepan kemitraan akan ditingkatkan. Saat ini dari total 94 SPBU, kemitraan masih sangat kecil, yakni dibawah 2%. “Sampai akhir tahun 2019 ini, kami berencana menambah 5-7 SPBU. Investasi setiap SPBU mencapai Rp 10 hingga Rp 15 miliar ,” kata Indra.

Vanda Laura, Vice President Retail Marketing  Shell Indonesia mengatakan, Shell hadir kembali di Jatim dengan memberikan produk dan pelayanan yang terintegrasi, dimana masyarakat bisa mendapatkan beragam produk dan layanan mulai dari BBM berkualitas dengan teknologi Dynaflex, produk  pelumas untuk roda 4 dan roda 2 serta layanan penggantian pelumas, ketersediaan fasilitas umum seperti toilet, mushola dan convenience store Shell Select dan deli2go yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan seperti kopi dan roti.

Shell juga menawarkan program loyalitas konsumen berupa Shell ClubSmart, dimana pelanggan Shell bisa menikmati beragam manfaat seperti mengumpulkan poin dari setiap pembelian BBM, produk pelumas atau produk deli2go. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan sebagai potongan harga untuk pembelian produk Shell seperti BBM, pelumas, maupun deli2go. Konsumen juga mendapatkan manfaat  untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara seperti layanan darurat  medis 24 jam hingga asuransi jiwa.

Selain itu, Shell menghadirkan program Fleet Card bagi pelanggan korporasi untuk mengontrol transaksi pembelian BBMnya agar armada kendaraan dapat memenuhi kebutuhan BBM dengan lebih efisien. Berdasarkan data aktual, beberapa pelanggan perusahaan yang bermitra dengan Shell dapat mengurangi biaya bahan bakar lebih dari 30%.

Menandai pembukaan empat SPBU di Jawa Timur, Shell menggelar berbagai program menarik mulai dari program gratis biaya ganti oli, promo untuk pembelian di Shell Select & deli2go, program loyalitas konsumen dan City Rally bersama komunitas pemilik Honda CRV Jawa Timur pada tanggal 19 Januari 2019 di SPBU Shell Waru, Sidoarjo.

Shell juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar melalui program CSR dalam bentuk aktivitas seperti pelatihan aman berkendara (Road Safety) bagi  pelajar SMA dan SMK di komunitas sekitar SPBU Shell.(RD)

 

 

Related posts

Horison Operasikan @Home Premiere GKB-Gresik

Rishard Daristama

MD Pictures Kolaborasi dengan Hollywood dan Korea

Rishard Daristama

Covid-19, IPCM Bagikan Masker, Paket Sembako dan Perlengkapan Kesehatan

Rishard Daristama