InvestorJatim.com
Headline Indeks Kesehatan Ragam

RS Mitra Sehat Medika Pasuruan Berbagi Tips Program Hamil Lewat Seminar Awam

Rumah Sakit Mitra Sehat Medika Pasuruan menggelar seminar awam bertema “Mengenal Kesuburan dan Program Kehamilan” sekaligus meresmikan Klinik Fertilitas Indonesia di Taman Dayu Golf Club & Resort Pasuruan, Sabtu (5/2/2022). Foto: Istimewa

PASURUAN, investorjatim-Rumah Sakit Mitra Sehat Medika Pasuruan menggelar seminar awam mengusung tema Mengenal kesuburan dan program kehamilan di Taman Dayu Golf Club & Resort Pasuruan, Sabtu (5/2/2022), yang menghadirkan narasumber dr. Rudy, Sp.OG. Seminar awam tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peresmian Klinik Fertilitas Indonesia di RS Mitra Sehat Medika.

Menurut dr. Rudy, Sp.OG, infertilitas atau masyarakat awam biasa menyebutnya dengan istilah mandul terjadi apabila sepasang suami istri yang sudah menikah lebih dari 1 tahun kemudian tidak saling berjauhan dan melakukan hubungan suami istri secara teratur 2-3 kali per minggu dan tidak menggunakan alat kontrasepsi tetapi tidak kunjung hamil.

“Penyebab infertilitas tidak hanya dari faktor istri tetapi juga faktor suami, dan bisa juga gabungan dari suami dan istri, dari suami bisa karena sperma yang kurang baik yang bisa kita ketahui dari pemeriksaan analisa sperma dan gangguan ereksi. Dari faktor istri adanya sumbatan saluran tuba, perlekatan, infeksi, dan gangguan ovulasi. Dimana semua gangguan itu harus dikonsultasikan ke dokter dan diberikan treatment yang sesuai,” terang dr. Rudy.

Seminar tersebut dihadiri juga oleh Direktur RS Sehat Medika Pasuruan dr. Chandra Lionardy. Dalam sambutannya dia menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut hangat kerjasama dengan PT Morula Indonesia. Pasalnya, di RS Sehat Medika Pasuruan salah satu layanan unggulannya adalah obstetri ginekologi.

“Kami menghadirkan Klinik Fertilitas Indonesia di rumah sakit kami untuk memfasilitasi pasangan muda di wilayah pandaan, pasuruan dan sekitarnya agar mendapatkan layanan program hamil yang tepat,” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Rudy, Sp.OG menyampaikan beberapa tips untuk ayah bunda yang sedang melakukan program kehamilan. Di antaranya adalah kontrol teratur sesuai anjuran dokter, mengikuti nasihat dan petunjuk yang dilakukan dokter.

“Serta berdoa untuk mendapatkan hasil yang baik,” imbuhnya.

Adapun program kehamilan yang menjadi unggulan di RS Mitra Sehat Medika Pasuruan ini adalah inseminasi atau Intrauterine Insemination (IUI). Yakni program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya adalah meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Gelaran seminar tersebut tampaknya sangat ditunggu oleh para pasutri yang sedang mendambakan buah hati tetapi tidak tahu langkah apa yang harus ditempuh. Sebagian pasutri itu bahkan tidak tahu kapan harus melakukan pemeriksaan dan kemana harus melakukan pemeriksaan sehingga waktu mereka terbuang.

Susanto selaku Regional Business Operation Manager Klinik Fertilitas Indonesia menyampaikan seluruh cabang Klinik Fertilitas Indonesia termasuk RS Mitra Sehat Medika Pasuruan didukung penuh oleh Klinik Fertilitas Indonesia dalam hal kompetensi tenaga kesehatan dan juga segi pemasarannya.

“Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia di RS Mitra Sehat Medika untuk membantu pasangan suami istri di Pasuruan dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan buah hati, harapan kami dengan hadirnya kami di RS Mitra Sehat Medika tidak perlu ke luar kota untuk mendapatkan layanan program kehamilan,” tutur Susanto.(RD)

Related posts

Kejaksaan Dampingi Pelindo III Bangun Infrastruktur Maritim

Rishard Daristama

Telkomsel Hadirkan Combat di Pulau Terluar Indonesia

Rishard Daristama

PTPN X Tahun ini Targetkan Tanam Tembakau di Area 510 Ha

Rishard Daristama