InvestorJatim.com
Headline Indeks Umum

PoliticaWave:Debat Capres Jokowi-M’aruf Unggul di Medsos

Pasangan no. 1, Jokowi-Ma’aruf dan pasangan no. 2, Prabowo-Sandi saat debat pertama capres di Jakarta, Kamis (17/1).

JAKARTA-Debat pertama Capres-Cawapres yang digelar, Kamis (17/1) menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh netizen. Tema debat yang pertama diusung yaitu mengenai Korupsi, HAM, Hukum dan Terorisme.  PoliticaWave merekam respon netizen di media sosial secara detil selama acara debat. Secara keseluruhan pasangan no. 1, Jokowi-Ma’aruf mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 55%, dengan perbandingan 82% sentiment positif dan 18% sentiment negatif. Sementara pasangan no. 2, Prabowo-Sandi mendapatkan jumlah percakapan sebesar 45% dengan sentiment positif sebesar 76% dan mendapat 24% sentiment negatif.

PoliticaWave juga merekam percakapan netizen pada setiap segmen dan menyimpulkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di semua segmen Debat, baik dari sisi jumlah percakapan maupun sentimen positif.

Jokowi-Ma’ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen 2. Hal ini dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan hoax yang dimana berhasil menarik perhatian netizen. Sedangkan, Prabowo meraih percakapan positif terbesar di segmen 5 dikarenakan kritikannya terhadap kebijakan impor yang berbeda antar menteri-menteri Jokowi.

Kemudian, Jokowi meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 1 dikarenakan Jokowi tidak memberikan kesempatan kepada Ma’ruf Amin untuk berbicara serta pernyataan visi dan misi Jokowi dinilai terlalu panjang. Sedangkan, Prabowo meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 2, hal ini dikarenakan adanya statement terkait kenaikan gaji PNS yang menyinggung beberapa kalangan non-PNS serta kasus hoax Ratna Sarumpaet yang dibahas kembali. (RD)

 

 

Related posts

Telkomsel MAXstream Rilis Sekuel ‘Kau dan Dia’

Rishard Daristama

Telkomsel Hadirkan Halo+, Paket Lengkap untuk Kenyamanan Akses Telepon, SMS dan Internetan

Rishard Daristama

Kuartal Pertama 2019, Laba CLEO Naik 101%

Rishard Daristama