InvestorJatim.com
Headline Indeks Keuangan

Gobi Partners Siap Kucurkan US$ 10 Juta ke Startup Wanita

Founding Gobi Partners, Thomas Tsao bersama Founding Partner Ozora Yatrapaktaja Margaret Srijaya. Foto: Istimewa

SURABAYA, investorjatim-Gobi Partners meluncurkan modal ventura Ratu Nusa senilai US$ 10 juta kepada para pengusaha wanita di Indonesia. Modal ventura itu akan dikelola bersama Ozora Yatrapaktaja yang dipimpin langsung oleh Margaret Srijaya.

Gobi Partners sendiri merupakan venture capital yang didirikan oleh Thomas Tsao, lulusan Harvard Amerika. Mempunyai cabang di 13 lokasi di dunia dan sejak didirikan pada tahun 2002 atau selama 20 tahun terakhir dengan total aset kelolaan sebesar US$ 1,5 miliar.

Saat ini Gobi Partners mengelola 15 fund dan telah berinvestasi pada 310 startup, di mana 60 startup di antaranya berasal dari Asia Tenggara serta memiliki 9 unicorn di dunia.

Founding Gobi Partners, Thomas Tsao menjelaskan, pengusaha wanita sejak dulu selalu minim dukungan pendanaan karena stereotip gender yang mengakar pada masyarakat.

“Akibatnya potensi setengah dari populasi dunia wanita belum bisa dimaksimalkan,” kata Thomas, Senin (26/4/2022).

Sehingga dengan demikian, sambung dia, kehadiran Ratu Nusa merupakan bentuk komitmen Gobi Partners dan Ozora Yatrapaktaja untuk mendukung pertumbuhan negara berkembang dan menciptakan kesetaraan gender.

“Harapan kami dengan adanya inisiasi dari Ratu Nusa, bisa mendorong adanya kesetaraan gender,” tukas Thomas.

Ia menambahkan, Indonesia adalah tempat terbaik untuk meluncurkan Ratu Nusa. Karena terdapat lebih dari 30 juta pengusaha wanita yang aktif, dan siap untuk didukung agar turut mengembangkan ekosistem startup Indonesia. Ratu Nusa Fund akan mencari startup berkualitas di seluruh Indonesia, dengan kriteria memiliki founder wanita atau startup yang memberikan dampak positif bagi kehidupan wanita di Indonesia.

“Kami juga sangat bangga bisa bermitra dengan Ozora Yatrapaktaja, yang dikelola oleh tim yang memiliki pengalaman bisnis sektor riil selama lebih dari 15 tahun,” papar Thomas.

Sebagai komitmennya dalam memberikan kesempatan bagi wanita untuk dapat ikut bertumbuh pada dunia investasi dan usaha, Gobi Partners telah memberikan investasi pada 43 startup yang dipimpin oleh wanita, sejumlah US$ 110 juta yang mengisi 35% dari total portfolio startup yang dimiliki Gobi saat ini.

Bahkan, venture capital tersebut juga memiliki 52% tim perempuan pada posisi C level dan 30% secara keseluruhan tim. Gobi juga aktif turut serta dan menyelenggarakan acara yang mendukung kesetaraan gender, baik pada forum seperti She Loves Tech, Karandaaz Pakistan’s Women Venture Programme, CodeGirls, Asia Gender-Smart Investing Forum, dan sebagainya.

Sementara itu, Founding Partner Ozora Yatrapaktaja, Margaret Srijaya mengatakan, pemilihan nama Ozora Yatrapaktaja memiliki sebuah filosofi. Ozora diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti “kekuatan dari Tuhan dan harta karun”.

Ozora mempunyai visi untuk dapat menemukan harta karun baik dari sisi founder dan startup,  yang siap didukung hingga berskala nasional bahkan internasional. Karena dia melihat jika saat ini ekosistem dan exposure startup masih terkonsentrasi di Jakarta.

“Padahal banyak sekali founder dan startup yang berpotensi yang bisa kita dukung dari luar ibu kota,” jelas Margaret.

Dia meyebutkan, peluang lain juga dapat terlihat dengan adanya pengembangan startup dari ibu kota ke kota tier 2 dan 3, terutama kota-kota di Jawa Timur.

“Karena itu kami percaya dengan adanya Ratu Nusa yang telah diresmikan sejak 16 April 2022, akan banyak sekali kesempatan dan kolaborasi yang dapat dilakukan, baik dengan pemerintah provinsi dan kota terkait, agar teman-teman di Surabaya dan sekitarnya bisa mengambil peluang pada ekosistem startup serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” terang Margaret.(RD)

Related posts

Momen Iduladha, SIG Salurkan 489 Hewan Kurban di 20 Provinsi

Rishard Daristama

Pertama di Indonesia, Bank Jatim Pecahkan Rekor MURI 2.312 Debitur Tanda Tangan Akad Massal Kredit Konsumer

Rishard Daristama

Bank Jatim Raih Paritrana Award 

Rishard Daristama