Barata Indonesia Resmi Aplikasikan SAP

Tidak ada komentar 888 views

Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Oksarlidady Arifin bersama jajaran direksi saat melaksanakan Go Life SAP S/4HANA di gedung serbaguna Barata Indonesia di Gresik, Jumat (1/3)

SURABAYA-PT Barata Indonesia bekerja sama dengan PT Bravura Bisnis Solusi dalam menerapkan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis SAP pada sistem menajemen di BUMN itu. Penerapannya bersamaan dengan acara GO Live SAP yang digelar di Gedung Serbaguna Barata Indonesia di Gresik, Jum’at (1/3).

Direktur Utama Barata Indonesia, Oksarlidady Arifin mengatakan dengan menggunakan ERP berbasis SAP ini Barata Indonesia telah melangkah lebih maju. Sebab sistem ERP merupakan sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengoordinasikan semua sumber daya, informasi, dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis secara cepat dan lengkap. ”Jadi harapan saya dengan adanya sistem tersebut, perusahaan bisa lebih terintegrasi, dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pihak yang berkepentingan,” ujarnya.

Kedepannya, lanjut dia, melalui penerapan sistem manajemen informasi berbasis teknologi ini integrasi dan otomasi proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi perusahaan akan semakin lancar dan perusahaan akan lebih mudah melakukan perencanaan maupun pemantauan proses yang berjalan secara end to end antar kantor pusat, cabang dan lini bisnis perusahaan.

Sehingga dengan demikian, proses bisnis perusahaan akan lebih efektif dan efisien. Penerapan sistem ini juga diharapkan mampu membuat kualitas serta On Time Delivery Proyek semakin terjaga.

“Alur proses bisnis perusahaan bisa berjalan lebih baik, cepat, efisien dan produktif,” tambahnya.

Oksarlidady mengakui penerapan sistem ERP memang bukan perkara yang mudah. Sebab perusahaan harus meninggalkan sistem yang lama, yakni manual dan menggunakan sistem baru yang semuanya dihubungkan secara digital. Namun demikian, ia yakin jika konsisten menjalankan sistem tersebut, maka proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi akan lebih terintegrasi. Komunikasi antar lembaga juga akan lebih efektif . “Ini juga agar perusahaan kita lebih profesional, bisa lebih maju dan terkemuka,” ujarnya.

Dalam proses seremoni Go Live SAP tersebut, pejabat Eselon I Barata Indonesia  juga melakukan penandatanganan  kesepakatan, pelaksanaan sistem ERP berbasis SAP  di Divisi, Biro Keuangan dan Akutansi,serta supply chain management.(RD)

Penandatanganan kesepakatan, pelaksanaan sistem ERP berbasis SAP di Divisi, Biro Keuangan dan Akutansi,serta supply chain management.

 

.