Tune Protect Hadirkan Digitalisasi Asuransi Perjalanan

Group CEO Tune Protect, Khoo Ai Lin,President Director Asuransi Buana, I Made Marka dan Arifudinsyah, Ketua ASITA Jawa Timur usai penandatanganan Nota Kesepakatan (MoA/Memorandum of Agreement) ‘AyoBerasuransi’ antara TPG dengan ABI dan ASITA Jatim di Surabaya, Senin (25/2).

SURABAYA-Wisatawan kini bisa mendapatkan kompensasi jika terjadi keterlambatan penerbangan melalui asuransi perjalanan digital. Layanan ini dikembangkan Tune Protect Group (TPG), sebuah perusahaan induk di sektor jasa keuangan yang berbasis di Malaysia bersama dengan PT Asuransi Buana Independent (ABI) dan Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia di wilayah Jawa Timur melalui Nota Kesepakatan (MoA/Memorandum of Agreement) yang ditandatangani di Surabaya, Senin (25/2).

Melalui MoA itu, TPG menjadi penyedia perlindungan perjalanan digital eksklusif untuk ASITA Jatim, dan ini adalah pertama kalinya TPG menyediakan perlindungan perjalanan gaya hidup bagi masyarakat di Indonesia. Agen perjalanan yang tergabung dalam ASITA Jatim akan dapat menjual perlindungan perjalanan ABI melalui portal online yang didukung oleh TPG. Agen perjalanan akan diberikan tautan situs web yang disebut ‘AyoBerasuransi’, yang merupakan sebuah portal Business-to-Business (B2B) di mana mereka akan dapat membeli rencana perlindungan perjalanan untuk pelanggan mereka.

Sebagai salah satu pasar domestik terbesar dan paling dinamis di dunia, Indonesia telah meningkatkan lalu lintas domestiknya hingga tiga kali lipat dari kurang dari 30 juta di tahun 2005 menjadi 97 juta di tahun 20171. Sebagai perusahaan asuransi digital terkemuka dan penggagas gaya hidup di kawasan ini, TPG bertujuan untuk menyediakan para pelancong di Indonesia dengan pengalaman dan layanan yang luar biasa untuk lebih meningkatkan pengalaman perjalanan mereka.

“Tune Protect Group melihat potensi besar di pasar Indonesia untuk industri asuransi perjalanan dan kami ingin memperluas jangkauan kami di Indonesia dengan bermitra dengan mitra-mitra strategis lokal dan memberdayakan mereka dengan produk digital yang nyaman, efisien, dan bebas repot,” ujar Khoo Ai Lin, Chief Executive Officer Tune Protect Group.

“Kami sangat menantikan kemitraan strategis dengan ABI dan ASITA Jawa Timur ini karena kami dapat secara efisien menjangkau lebih banyak wisatawan di Indonesia, dan di saat yang sama memfasilitasi perjalanan mereka menuju transformasi digital,” tambahnya.

Rencana perlindungan yang ditawarkan memiliki 27 manfaat hingga 100.000 dolar AS untuk perjalanan internasional dan 9 manfaat hingga Rp 125 juta untuk perjalanan domestik. Dengan 2 paket berbeda untuk dipilih, yaitu Platinum dan Gold, pelanggan dapat memilih perlindungan pilihan mereka berdasarkan kebutuhan perjalanan dan tujuan perjalanan mereka. Pelanggan disarankan untuk berbicara dengan agen perjalanan mereka untuk memahami tingkat pertanggungan sebelum memutuskan rencana yang sesuai untuk perjalanan mereka.

Paket-paket di situs web ‘AyoBerasuransi’ menawarkan kepada wisatawan pilihan untuk menambahkan pertanggungan keterlambatan penerbangan di mana mereka akan berhak atas pembayaran instan jika penerbangan mereka tertunda 2 jam atau lebih. Ketika penerbangan tertunda, wisatawan akan menerima pesan di ponsel mereka yang meminta detail rekening bank mereka. Uang akan segera dikirimkan ke akun mereka sehingga mereka dapat menikmati fasilitas bandara sambil menunggu untuk naik ke pesawat dengan menggunakan uang tunai instan yang mereka terima.

“Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun di pasar asuransi di Indonesia dan jaringan 21 cabang dan kantor pemasaran di seluruh negeri, PT Asuransi Buana Independent siap untuk mengambil peran dalam menawarkan para wisatawan dengan produk-produk perlindungan on-demand yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka,” tutur I Made Marka, Presiden Direktur PT Asuransi Buana Independent.

“Tune Protect adalah pemimpin di ranah insurtech dan asuransi digital, oleh karena itu kami senang dapat bermitra dengan perusahaan yang memiliki keahlian dan pengetahuan untuk mendukung agen-agen perjalanan lokal kami di sini seiring kami mulai menawarkan produk-produk berbasis digital kepada para wisatawan di Indonesia,” imbuhnya.

Sejalan dengan salah satu pilar strategis TPG untuk memperluas saluran distribusi dan memperlebar jangkauan, bermitra dengan ABI dan ASITA Jawa Timur memberikan TPG dengan jangkauan pasar yang meningkat di Indonesia. Mitra lokal TPG juga akan dapat memberi mereka wawasan pasar lokal yang akan berguna bagi TPG untuk lebih jauh memasuki pasar Indonesia di masa depan.

“Menjadi bagian dari asosiasi perjalanan nasional, ASITA, kami di cabang Jawa Timur sangat senang menjadi bagian dari kemitraan ini dengan Tune Protect Group dan PT Asuransi Buana Independent karena kami dapat lebih berperan dalam mempromosikan perlindungan perjalanan kepada para pelanggan kami melalui anggota ASITA. Tune Protect Group jelas memiliki keahlian di bidang ini dan kami senang mereka dapat mendukung kami melalui kemitraan ini. Sebagai gantinya, kami akan dapat menawarkan perlindungan gaya hidup ke pasar yang lebih luas di Indonesia sehingga memperluas jangkauan dan brand mereka,” ujar Arifudinsyah, Ketua ASITA Jawa Timur.

TPG telah berkembang pesat di wilayah ini dan menawarkan berbagai produk-produk berbasis digital kepada pelanggan mereka. Pada bulan Oktober 2018, TPG mengumumkan kemitraannya dengan ROKKI, brand solusi hiburan penerbangan untuk menyediakan paket chat gratis untuk semua pemegang polis perlindungan perjalanan AirAsia Tune Protect yang menaiki penerbangan yang didukung ROKKI. TPG kemudian bermitra dengan DoctorOnCall selama musim liburan di bulan Desember 2018 untuk menawarkan akses kepada pemegang polis perlindungan perjalanan AirAsia Tune Protect terhadap berbagai layanan bantuan medis yang ditawarkan oleh penyedia layanan kesehatan.(RD)