PTPN X Bagikan Bibit Tebu Unggul

Tidak ada komentar 303 views


Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman, yang didampingi General Manager (GM) Pabrik Gula (PG) Djombang Baru beserta jajarannya membagikan bibit unggul di Desa. Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro, Rabu (13/2).

BOJONEGORO-PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X terus berupaya melakukan terobosan guna meningkatkan kinerja baik di sisi on farm maupun off farm. Salah satu yang dilakukan adalah pembagian bibit untuk petani Tebu Rakyat (TR) binaan PTPN X.

Pembagian bibit ini dilakukan langsung oleh Direktur Operasional PTPN X, Aris Toharisman, yang didampingi General Manager (GM) Pabrik Gula (PG) Djombang Baru beserta jajarannya di Ds. Bulu, Kec. Sugihwaras, Kab. Bojonegoro, Rabu (13/2).

Bibit yang dibagikan adalah bibit unggul dengan potensi produksi 150 ton per hektar dan potensi rendemen 12 persen. Total bibit yang dibagikan sebesar 254,5 ton dengan nilai subsidi bibit sebesar Rp 165.470.500. Bibit dibagikan kepada 30 orang petani yang berada di 14 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro.

“Adanya pembagian bibit ini sebagai pembaharuan varietas dan penanaman ulang/bongkar ratoon karena saat ini bibit yang ada di petani sudah mengalami degradasi. Adanya pembagian bibit ini akan meningkatkan angka produktivitas. Subsidi bibit diberikan kepada 30 orang petani yang memiliki luas lahan total 54,7 Ha,” terang Aris

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian PTPN X kepada petani terkait ketersediaan bibit yang unggul. Sehingga, nantinya PTPN X dan petani dapat terus bersinergi dalam mencapai kinerja optimal di sisi on farm.

Harapannya, dengan adanya pembagian bibit varietas unggul ini akan mampu meningkatkan angka produktivitas, sehingga berdampak pada penurunan Harga Pokok Produksi (HPP). Penurunan HPP nantinya juga akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan petani.

“Semoga adanya pembagian bibit ini dapat meningkatkan animo petani untuk menanam tebu dan juga dapat memberikan manfaat baik bagi PTPN X maupun petani,” terang Aris lebih lanjut.(RD)

 

Tag: